MENGENAL JURUSAN KPI

MENGENAL JURUSAN KPI

KPI, mendengar singkatan ini beberapa orang mungkin akan mengernyitkan dahinya karena kagum. Betapa tidak, KPI yang merupakan singkatan dari Komunikasi dan Penyiaran Islam sudah melahirkan banyak alumni yang berkompeten dalam bidang tabligh, broadcast, wartawan serta artis. Khusus untuk kata terakhir, sampai saat ini hanya Irfan Hakim saja lah yang tercatat sebagai alumnus KPI yang mampu melebarkan sayapnya di dunia ke-artisan Inonesia.

KPI adalah salah satu jurusan yang berada di bawah naungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Jurusan yang terlahir karena hasrat dakwah yang begitu besar dari insan muda Indonesia sekitar medio 90-an. Pada awal berdirinya, jurusan ini merupakan pilihan favorit calon mahasiswa baru setelah PAI (Pendidikan Agama Islam), dan alhamdulillah  hingga kini pun tetap menjadi pilihan favorit ketiga. 

Jurusan KPI memusatkan kajiannya pada tiga bidang, yaitu Khithabah (Tabligh, dan dakwah), Kitabah (tulis menulis), dan Broadcasting (Penyiaran). Namun, selain memusatkan kajiannya pada tiga ranah itu, KPI juga memusatkan kajiannya pada Dakwah bi ahsan al-qaul berupa tabligh pendekatan wahyu (istinbath), interdisipliner (iqtibas), dan kajian sosial (istiqra’). Tiga ranah tersebut berfungsi untuk menampung minat serta bakat dari Mahasiswa KPI yang beragam.

Untuk menunjang tiga ranah di atas, saat ini terdapat beberapa klub dalam jurusan KPI, seperti: Klub Khithabah (Public Speaking club). Mewadahi Mahasiswa dengan minat ceramah, pidato dan retorika. Klub Kitabah (Creative writing Club), bagi Mahasiswa yang memiliki minat dan bakat dalam menulis artikel, buku, novel, cerpen, dan karya sastra lain bernuansa dakwah. Saat ini komunitas yang mewadahi Mahasiswa dengan bakat di bidang ini adalah Forum Pe-SK (Penulis Se-KPI), yang menerbitkan majalah De_Javu. Dan Klub I’lam (penyiaran, Broadcasting Club), merupakan klub yang menampung Mahasiswa yang berminat memperdalam spesialisasi bidang broadcasting (penyiaran) baik televisi maupun teknologi dan media lainnya, termasuk teknologi dakwah melalui media internet. Sarana laboratorium radio pun disiapkan untuk menunjang praktek mahasiswa KPI. 

Jurusan KPI juga pernah berhasil menorehkan prestasi di kancah olahraga sepakbola setelah mengangkat trophy juara ke-2 di pentas Liga sepakbola se-UIN pada tahun 2011. Prestasi tersebut membuat nama jurusan KPI semakin dikenal di kalangan mahasiswa. Namun demikian, jurusan KPI juga tidak begitu saja melupakan kegiatan yang bersifat akademis, KPI juga pernah mengadakan pelatihan jurnalistik untuk tingkat SMA di Garut sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan di Jawa Barat. 

Kini, di bawah pimpinan Ketua Jurusan teranyar, Drs. Dadan Suherdiana, M. Ag, KPI siap membangun KPI lebih baik lagi sesuai dengan visi jurusan KPI yaitu mendidik calon cendekiawan Muslim (Ulul albab) yang ber’aqidah dan berfikrah islami serta berakhlak mulia yang memiliki keahlian dan keterampilan dalam bidang tabligh. Serta Misi jurusan KPI yaitu menyiapkan tenaga sarjana profesional dalam bidang tabligh (da’i yang mujahid, mujaddid dan mujtahid) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya dalam bidang komunikasi dan penyiaran Islam.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama