Syarat Menjadi Wartawan Sekolah

Syarat Menjadi Wartawan Sekolah


Oleh : Nizar Fahmi
Wartawan berarti orang yang mewartakan atau mengabarkan suatu peristiwa kepada satu orang maupun banyak orang. Pekerjaannya adalah mewartakan, mengabarkan, menginformasikan sesuatu kepada orang-orang. Sebagai pelajar, kita tidak mustahil untuk menjadi wartawan, setidaknya menjadi wartawan sekolah. Tapi, menjadi wartawan sekolah sekalipun tetap mempunyai syarat yang harus dipenuhi. Apa saja syarat itu? di bawah ini adalah syarat-syaratnya :

Motivasi Tinggi
Mau atau kemauan, berasal dari hati kita. menjadi pewarta di sekolah pun, harus didasari oleh kemauan kita sendiri, bukan untuk eksis di hadapan siswi-siswi atau pun di hadapan para guru. Karena, jika modal kita hanya untuk eksis, suatu saat kita akan merasa bosan. Berbeda dengan jika kita mau. Apapun yang terjadi, kita akan terus berjalan dan melihat ke depan. Menjadi wartawan sekolah didasari kemauan adalah hal yang bagus karena mewartakan sesuatu adalah bicara dari hati ke hati.

Skeptis

Menjadi wartawan sekolah, kita harus senantiasa bersikap skeptis atau penuh dengan keraguan. Dengan itu, kita akan dipaksa untuk bertanya akan segala sesuatu. Sebuah permasalahan di sekolah; misalkan kebersihan, kita harus mempertanyakannya. Salah siapa tong sampah selalu kosong, tapi sampahnya berserakan, apa penyebab tong sampah kosong dan smpah berserakan, siapa yang seharusnya bertanggungjawab dan lain-lain. dengan bersikap skeptis terhadap sesuatu akan menuntun kita pada pengetahuan yang lebih luas.

Kerja Keras
Yang ketiga adalah bersedia bekerja keras. bekerja keras bukan berarti membanting tulang membabi buta, tapi mewartakan sesuai porsi. Misal, jika sehari kita bisa dapat 3 berita dari kelas, kantin dan taman, kita malah mendapat 1 berita, itu artinya kita tidak bekerja keras. karena, seharusnya kita mendapatkan tiga berita.

Kreatif
Yang terakhir adalah kreatif. Kreatif dikatakan sebagai berpikir diluar kebiasaan atau think out of the box. Kita mencari gaya tulisan, mempelajarinya lalu mempublikasikannya dengan cara membuat kapal-kapalan atau burung-burungan dari kertas.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama