“Saung Angklung Udjo”, Fenomena rumah Seni yang Anggun

“Saung Angklung Udjo”, Fenomena rumah Seni yang Anggun


Sesaat melepas penatnya jalanan Bandung yang penuh cukup panas dan penuh polusi, melangkah sejenak di kawasan sekitar padasuka terdapat suatu tempat yang tepat untuk mendapatkan sebuah kesejukan yang menjernihkan kembali fikiran kita agar kembali rileks dan berfikir jernih. Susana yang serba bambu dalam setiap bangunan serta penuh dengan hijaunya tanaman dan pohon-pohon di sekitar kawasan ini membuat fikiran kita serasa berada di suatu taman alami yang belum tersentuh tangan-tangan nakal.
Saung Angklung Udjo. Begitulah nama tempat ini. Terlihatdari namanya, saung yang didirikan oleh bapak Udjo  telah berdiri dari puluh tahun lalu yang pada awalnya adalaha sebagai tempat bermain dan belajar kesenian tradisional untuk anak-anak di sekitar lingkungan sekitar. Lambat laun, tempat ini menjadi satu ikon kota bandung sebagai rumah seni tradisional jawa barat, khususnya sunda. Saung angklung Udjo pun telah membawa nama Indonesia di mata Dunia melalui pementasan kesenian tradisional jawa barat yang kerap kali di undang sebagai tamu di berbagai Negara di kawasan asia dan eropa.
Ketika akan masuk lingkungan saung ini mata kita disegarkan dengan tanaman bamboo yang hijau mengellingi setiap sisi dan sudut saung angklung Udjo. Memasuki pintu masuk dan area parkir yang cukup luas terdapat satu bangunan menyerupai rumah. Keika kita selidiki rumah itu, ternyata itu adalah salah satu bangunan yang dijadikan sebagai tempat memproduksi angklung. Ini pun terlihat di halaman rumah, berbagai macam jenis dan bentuk angklung telah tersusun rapih namun masih berwarna layaknya bambu. Nampaknya angklung-angklung yang terjejer rapih ini masih disimpan dan belum berjalan ke proses pewarnaan.
Menelusuri lebih dalam lagi, terdapat suatu ruangan yang menyediakan berbagai souvenir khas saung angklung Udjo maupun souvenir khas kesenian jawa barat, semuanya lengkap disisni. Dari mulai gantungan kunci, sampai accesoris seperti kalung dan gelang pun tersedia. Tentunya, semuanya berbahan dasar bamboo. Bukan hanya itu, kaos, iket dan wayang golek pun tersedia disini serta berbagai macam bentuk dan symbol yang di dominasi kesenian jawa barat.
Di sebelah ruangan ini, juga terdapat satu tempat pagelaran wayang golek. Tempat ini berfungsi untuk lebih menghibur para pengunjung sekaligus untuk memperkenalkan kesenian tradisional jawa barat. Disebelah rungan ini terdapat beberapa warung makanan dan taman-taman yang sangat klasik yang di penuhi dengan rumpt-rumput hijau dan kursi juga meja yang terbuat dari bamboo membuat acara santai kita lebih nyaman dan segar.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama