Resensi Antologi Cerpen : Hikayat Puspawarna

Resensi Antologi Cerpen : Hikayat Puspawarna

Judul buku: Hikayat Puspawarna
Jenis buku : Antologi cerpen
Diterbitkan oleh : Forum penulis seluruh KPI
Cetakan ke: 1, 10 November 2014
Resensor: Yasyifa Fajaria Nursyamsi
Sebuah karya persembahan yang di berikan sebagai bentuk karya nyata Forum penulis seluruh KPI adalah dengan terbitnya Antologi cerpen berjudul Hikayat Puspwarna. Antologi cerpen kali ini di buat dengan kemasan dengan tema yang beragam dengan alasan setiaporang bebas mengekspresikan karyanya dalam bentuk gengre yang berbeda. Hikayat puspawarna membuat pembaca ttidak jenuh membacanya karena setiap judul mengandung muatan dan nilai yang berbeda sehingga gterkesan setiap pembaca selalu penasaran untuk mengetahhuai bagaiman cerita selanjutnya yang lebih menarik setelah menyelesaikan cerita yang lainnya. Antologi ini memuat 29 judul cerpen dari 29 penulis.
Penyusunan judul yang berdasarkan abjad mekinmebuat buku ini kaya akan cita rasa karena pada dasarnya penulis di kalangan muda banyak sekali mengngkat tema mengenei percintaan atau picisan. Namun hal yang sangat unik pada hikyat puspawarna tidak hanya melulu mebahas soal cinta yang sealalu pada lawan jenis saja. Di namai hikayat karena meman ceritanya ringan karena mengambil dari sudut pandang keseharian yang terjadi atau bahkan pengalaman penulis sekalipun. GBuku ini mengusung berbagai tema yang menarik menngajak pembaca bagimana memahami kehidupan agar lebih bermakna. Karena di dalamnnya terkandung arti dari sebuah proses penyadran kehidupan, pencarian jari diri, persahabatan, kasihsayang, humor dalam hidup, keteghan hati, mengajak para pembaca menyelam lewat imajinasi membuat pembaca pembeca jadi sadar akan hal yang terkadang kita pula tak sadari pernah ada di posisi itu. Menyadarkan kepada pembaca akan realitas kehidupan yang mungkin sempat terlupakan. 
Karena ada penulis yang juga menulis arti sahabat karya tika prihatiningsih. Bahkan yag bertemakan humor karya berjudul “azigh zonk” karya Irfan ada Salah satu tulisan karya Umar yang menceritakan “sosok kake-kake misterius padahal pada akhirnya dia adalah orang gila” . Dan ada pula cerita dari penulis Tinta Imiati yang benar-benar horor dengan mimpi yang mistis membuat bulu kuduk merinding. Cerpennya berjudul ‘Sholat’ yang bisa kita ambil pada akhir ceritanya ada satement “apa harus melalu cara seperti ini Tuhan merindukan diibadahi oleh hambanya? Dan ”seperti inikah rasanya ditampar Tuhan”. Masih ada lagi cerita yang membuat penasaran dan misterius yaitu cerita dari kedua domisioner PSK yaitu Hari Rahman Hakim dan Nizar Fahmi karya dari mereka membuat pembaca sulit menebak bagaimana alur cerita yang pada akhir cerita selalu ada kejutan atau bahkan ceritannya jadi membuat pembaca penasaran.

Waupun cerita hikayat puspawarna idetik dengan keseharian tapi nilai dan makna itu tanpa syarat dan alasan pasti. Buku ini memberikan semangat bagi pembacanya terlihat dari cover buku yang terdiri dari dua dominasi yakni putih dan pohon hijau yang berwarna warni. Simbol dan warnanya cukup mewakili gambaran umum mengenai isi buku ini. Namun belum ada tanda-tanda yang terlihat tentang pengkomersilan buku ini untuk di cetak lebih banyak dan di sebar luaskan pada khalayak ramai. Mungkin ini bisa jadi PR kedepannya bagi pegurus PSK. Karena ini bagian dari apresiasi yang diberikan kepada pembaca setia karya-karya dari Forum Penulis Seluruh KPI. Buku ini merupakan bukti bahwa mimpi adalah tentang hal yang pasti terjadi. Karena ketidak mungkinan adalah sebuah kemungkinan. Jangan takut untuk memulai berkarya!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama