Kenali Komunitas di Jurusan KPI

Kenali Komunitas di Jurusan KPI

SEKILAS BERSAMA LINGKAR BARUDAK KHITABAH
Lingkar Barudak Khitabah atau yang sering disingkat LEBAH ini merupakan komunitas yang digarap oleh Bidang Khitabah HMJ KPI 2011.
Komunitas yang didirikan pada tanggal 17 November 2011 ini merupakan pembekalan diluar jam kuliah dalam menggali retorika, serta memfasilitasi anak-anak KPI yang berniat latihan untuk praktek langsung di bidang khitabah.
Ngariung setiap hari Rabu merupakan kegiatan rutin komunitas ini. Mulai dari membahas isu-isu khitabah, laboratorium klasikal, hingga diskusi tentang topic-topik seputar khitabah. Tak lupa, komunitas ini membekali para kader da’I dengan tahsin Al-Qur’an sebagai kekuatan kompetensi dari tilawah Al-Qur’an.


LEBIH DEKAT DENGAN FREE FILM
Jika dulur-dulur KPI yang aktif dijejaring sosial di Faceebook dan rajin mengawasi grup facebook HMJ KPI UIN Bandung, dulur pasti akrab dengan postingan-postingan yang mengatasnamakan komunitas film ini. Komunitas Film yang terlahir dari ide-ide kreatif para Mahasiwa Jurusan KPI semester 4 kelas C ini, kini mulai diperhitungkan eksistensi dan karya-karyanya dikeluarga besar Mahasiswa KPI.
Dimulai dari kecintaan para anggotanya menonton film, komunitas yang digawangi Septian, Rivan Malik Kandarsyah, Sandy Gumilar, Rizki Riansyah Saputra, Rian Hajati Akbar, Tendi Pratama, Sendi Prawira, dan Rizqi Nurul Fauzi ini mengusung ideology “Free dalam segala hal”, termasuk free dalam membayar tagihan tempat dan tagihan makan, oleh karena itu mereka menamakan komunitas film ini dengan nama “FREE FILM PRODUCTION”.
Pada debutnya, komunitas film ini memproduksi sebuah film pendek yang diberi tajuk “Rindu”. Film pendek yang diperankan oleh salah satu anggotanya, Tendi Pratama, tak lain bertujuan untuk mencuri perhatian mantan sang pemeran utama. Film pertama awal-awalnya diproduksi oleh tiga crew. Yakni, Septian (Aceng) sebagai sutradara dan editing, Rivan Malik kandarsyah sebagai cameramen, dan Tendi Pratama sebagai pemeran utama.
Terhitung sejak berdirinya komunitas ini, tepatnya pada 10 Maret 2012, Free Film Production telah menularkan beberapa karya yang mereka beri tajuk “Rindu”, “Pesan dari Kebersihan”, “L-Over”, dan film pendek profil / iklan KPI. Dan hingga penulisan profil Free Film ini, mereka mengaku sedang memproduksi sebuah film yang bergenre horror. Menarik kita simak sepak terjang para punggawa kreatif Free Film Production.


MENGENAL KOMUNITAS ITC
I’lam Trend Centre, atau yang sering disingkat ITC ini merupakan  inisiatif para dosen Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam yang bekerja sama dengan anak-anak KPI semester 5, diantaranya Bayu, Isti, Asraf dkk.
Berawal dari keinginan untuk memfasilitasi dan mengembangkan minat bakat anak-anak KPI diranah I’lam. Maka didirikanlah ITC ini sekitar tiga bulan yang lalu, yang berkeinginan mewarnai dunia broadcast dengan style Islam, melihat dunia broadcast saat ini lebih kepada dunia Pop. Maka, diharapkan komunitas ini mampu menjadi wadah dalam menyiarkan Islam melalui dunia Broadcast.


SEKILAS MENGENAL EXCELENT BEE
Secara historis komunitas ini mengaku belum tahu pasti mengenai tanggal didirikannya komunitas ini. Namun yang jelas, awal bulan Maret menjadi langkah awal komunitas ini berjalan. Pendiri dari komunitas Excellent bee hampir semuanya adalah semester 7, mereka adalah Ridwan Rustandi, Vissiana Rizky, Arum Ningsih, dan Sutanto Nurhadi. Komunitas ini juga mendapat pembinaan langsung dari Sekretaris Jurusan, Aang Ridhwan, M. Ag.
Seperti namanya Excelent Bee mengharapkan para anggotanya dapat menjadi lebah yang bermanfaat bagi siapa pun. Komunitas yang digawangi oleh Ridwan dan kawan-kawan ini, membuka lebar bagi para mahasiswa KPI yang mencintai dunia penulisan.



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama